Jokowi Janjikan Atlet Para Games Jadi PNS dan Pegawai BUMN

VIVA – Presiden Joko Widodo menegaskan, atlet yang menjadi bagian dari kontingen Indonesia di Asian Para Games 2018, dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) jika ingin berkarier di sana. Hal sama diberlakukan bagi atlet yang sebelumnya ikut Asian Games 2018 lalu.

Selain PNS, Presiden Jokowi juga memberi kesempatan kepada mereka yang ingin berkarier di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Untuk bonus juga, tidak ada perbedaan dengan atlet Asian Games, sama. Kesempatan masuk jadi PNS, masuk ke BUMN, juga sama,” ujar Jokowi di sela-sela meninjau pemusatan latihan nasional cabang olahraga voli duduk di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis, 27 September 2018.

Meski begitu, Jokowi tetap berharap para atlet fokus dulu berlatih dengan keras menghadapi perhelatan Asian Para Games. Sehingga target Indonesia di Para Games bisa tercapai. Target itu adalah masuk ke empat besar, atau minimal delapan besar.

“Mesti latihan, kerja keras, latihan, kerja keras, agar target betul-betul sesuai dengan yang sudah kita kalkulasi,” jelas mantan gubernur DKI itu.

Jokowi mengaku, persiapan pelaksanaan Asian Para Games saat ini sudah hampir rampung. Ajang olahraga terbesar yang mempertemukan 2.888 atlet disabilitas dari 41 negara Asia itu akan berlangsung di Jakarta pada 6 hingga 13 Oktober 2018.

“Saya kira venue-venue, kita lihat sudah siap dan mulai dipasang alat-alat dan prasarana yang dibutuhkan untuk masuk ke venue-venue,” jelasnya.

Berharap Tembus Empat Besar

Lihat Juga

Dengan capaian menggembirakan di Asian Games sebelumnya, di mana Indonesia finis di posisi keempat, Presiden Joko Widodo berharap prestasi ini juga bisa menular di Asian Para Games. Maka dari itu, Presiden meminta para atlet bisa meraih prestasi dan masuk empat besar.

Menurut Jokowi, hal itu adalah target tambahan selain target utama, yaitu meraih 19 medali emas dan masuk di delapan besar.

“Kita berharap bahwa dalam Asian Para Games 2018 ini, Indonesia bisa masuk, target saya delapan besar. Tapi kepeleset juga enggak apa-apa. Tidak delapan besar enggak apa-apa, empat besar juga enggak apa-apa. Kepelesetnya jangan ke bawah, tapi ke atas,” jelas Jokowi.

Jokowi menyampaikan, ia berharap kontingen Indonesia yang akan bertanding melawan kontingen dari 40 negara lain di Asia bisa mencapai target itu. Maka caranya dengan berlatih keras. 

Jokowi meninjau pelatnas tiga cabang olahraga (cabor) di venue-venue di sekitar GBK Kamis pagi ini. Ketiganya adalah menembak, voli duduk, dan lawn ball.

“Saya lihat tadi menembak, dan kali ini saya melihat tadi latihan dan kerja keras atlet untuk sitting volley ball,” ujar Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *